Kamis, 11 Juni 2009

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama : …………………

Nim : …………………

Kelas : …………………

Semester : …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

KONTRUKTIVISME

Jenjang : Sekolah Dasar (SD)

Mata Pelajaran : Matematika

Pokok Bahasan : Bilangan

Sub Pokok Bahasan : Bilangan Cacah

Kelas/Semester : III/1

Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit

I. Kompetensi Dasar :

Menunjukan pemahaman konsep bilangan cacah dan menggunakannya

dalam perhitungan

II. Hasil Belajar

Siswa dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan uang

III. Indikator Hasil Belajar

1) Sisaw dapat mengenal nilai mata uang rupiah.

2) Siswa dapat menentukan nilai kesetaraan nilai mata uang dengan

berbagai pecahan uang lainnya.

IV. Materi

1) Penulisan nilai mata uang yang benar, misalnya :

500 rupiah ditulis Rp 500,00

1.000 rupiah ditulis Rp 1.000,00

2) Kesetaraan nilai uang dengan berbagai pecahan uang,

Misalnya :

Rp 1.000,00 setara dengan 2 x Rp 500,00

Rp 1.000,00 setara dengan 2 x Rp 100,00

2) Dapat menjumlahkan atau mengurangkan dengan menggunakan

bilangan bulat sampai 1.000 dalam hitungan uang.

V. Pendekatan, Metode dan Media :

Pendekatan : Konstruktivisme

Metoda : Penemuan terbimbing melalui diskusi kecil

Media : Karton ukuran 12 x 6 cm bertuliskan nilai

Uang lembar

VI. Kegiatan Pembelajaran


Tahap

Waktu

Kegiatan Guru

Apersepsi





Ekplorasi






Diskusi dan penjelasan kelompok





Pengembangan aplikasi

10’





20’






20’






10’

· Memotivasi siswa dengan Tanya jawab tentang belanja/jajan yang dilakukan disekolah ketika istirahat

Contoh: Tadi kamu istirahat jajan apa? Berapa harganya? Kamu punya uang berapa? Berapa kembaliannya?

· Guru mengajukan beberapa soal mengenai transaksi belanja melalui LKS secara kelompok (4-5 orang), siswa mencari jawaban dengan menggunakan “uang-uangan”. Memecahkan masalah yang dilaporkan melalui LKS. (guru berkeliling untuk mengamati dan membimbing siswa dalam situasi diskusi secara berkelompok).

· Guru bersama siswa membahas masalah yang sudah didiskusikan oleh siswa. Siswa diberi penjelasan untuk memecahkan masalah langkah demi langkah untuk memahami, mencoba mencari ide pemecahan, menyelesaikan dana memeriksa kembali

· Guru memberi tugas pada setiap siswa untuk membuat karangan tentang kegiatan belanja pada hari tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar