Nama : …………………
Nim : …………………
Kelas : …………………
Semester : …………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KONTRUKTIVISME
Jenjang : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran : Matematika
Pokok Bahasan : Bilangan
Sub Pokok Bahasan : Bilangan Cacah
Kelas/Semester : III/1
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
I. Kompetensi Dasar :
Menunjukan pemahaman konsep bilangan cacah dan menggunakannya
dalam perhitungan
II. Hasil Belajar
Siswa dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan uang
III. Indikator Hasil Belajar
1) Sisaw dapat mengenal nilai mata uang rupiah.
2) Siswa dapat menentukan nilai kesetaraan nilai mata uang dengan
berbagai pecahan uang lainnya.
IV. Materi
1) Penulisan nilai mata uang yang benar, misalnya :
500 rupiah ditulis Rp 500,00
1.000 rupiah ditulis Rp 1.000,00
2) Kesetaraan nilai uang dengan berbagai pecahan uang,
Misalnya :
Rp 1.000,00 setara dengan 2 x Rp 500,00
Rp 1.000,00 setara dengan 2 x Rp 100,00
2) Dapat menjumlahkan atau mengurangkan dengan menggunakan
bilangan bulat sampai 1.000 dalam hitungan uang.
V. Pendekatan, Metode dan Media :
Pendekatan : Konstruktivisme
Metoda : Penemuan terbimbing melalui diskusi kecil
Media : Karton ukuran 12 x 6 cm bertuliskan nilai
Uang lembar
VI. Kegiatan Pembelajaran
Tahap | Waktu | Kegiatan Guru |
Apersepsi Ekplorasi Diskusi dan penjelasan kelompok Pengembangan aplikasi | 10’ 20’ 20’ 10’ | · Memotivasi siswa dengan Tanya jawab tentang belanja/jajan yang dilakukan disekolah ketika istirahat Contoh: Tadi kamu istirahat jajan apa? Berapa harganya? Kamu punya uang berapa? Berapa kembaliannya? · Guru mengajukan beberapa soal mengenai transaksi belanja melalui LKS secara kelompok (4-5 orang), siswa mencari jawaban dengan menggunakan “uang-uangan”. Memecahkan masalah yang dilaporkan melalui LKS. (guru berkeliling untuk mengamati dan membimbing siswa dalam situasi diskusi secara berkelompok). · Guru bersama siswa membahas masalah yang sudah didiskusikan oleh siswa. Siswa diberi penjelasan untuk memecahkan masalah langkah demi langkah untuk memahami, mencoba mencari ide pemecahan, menyelesaikan dana memeriksa kembali · Guru memberi tugas pada setiap siswa untuk membuat karangan tentang kegiatan belanja pada hari tersebut. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar