Kamis, 11 Juni 2009

KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN

1. Bidang study : IPA (ilmu Pengetahuan Alam)

Kelas : IV (Empat)

Semester : II

2. KD nomor 1 mempunyai 2 kata kerja = menyimpulkan dan mengubah.

KD nomor 2 mempunyai 2 kata kerja = menyimpulkan dan mengubah.

KD nomor 3 mempunyai 1 kata kerja = mendeskripsikan.

KD nomor 4 mempunyai 1 kata kerja = menjelaskan.

KD nomor 5 mempunyai 2 kata kerja = membuat dan menunjukan.

KD nomor 6 mempunyai 1 kata kerja = menjelaskan.

KD nomor 7 mempunyai 1 kata kerja = mendeskripsikan.

KD nomor 8 mempunyai 1 kata kerja = mendeskripsikan.

KD nomor 9 mempunyai 1 kata kerja = mendeskripsikan.

KD nomor 10 mempunyai 1 kata kerja = menjelaskan.

KD nomor 11 mempunyai 1 kata kerja = mendeskripsikan.

KD nomor 12 mempunyai 1 kata kerja = menjelaskan.

KD nomor 13 mempunyai 1 kata kerja = menjelaskan.

KD nomor 14 mempunyai 1 kata kerja = menjelaskan.

3. Menyimpulkan = C5 (kognitif sintesis)

Mengubah = C4 (kognitif analisis)

Menyimpulkan = C5 (kognitif sintesis)

Mengubah = C4 (kognitif analisis)

Mendeskripsikan = C4 (kognitif analisis)

Menjelaskan = C2 (kognitif pemahaman)

Membuat = C1 (kognitif pengetahuan)

Menunjuka = Psikomotor

Menjelaskan = C2 (kognitif pemahaman)

Mendeskripsikan = C1 (kognitif pengetahuan)

Mendeskripsikan = C4 (kognitif analisis)

Mendeskripsikan = C4 (kognitif analisis)

Menjelaskan = C2 (kognitif pemahaman)

Mendeskripsikan = C4 (kognitif evaluasi0

Menjelaskan = C2 (kognitif pemahaman)

Menjelaskan = C2 (kognitif pemahaman)

Menjelaskan = C2 (kognitif pemahaman)

4. Membuat Indikator

· KD 1: -Menyimpulkan = Simpulakanlah kasil percobaan gaya (dorongan dan tarikan)

-Mengubah = Bagaiman cara mengubah bentuk suatu

benda.

· KD 2: -Menyimpulkan = Simpulkanlah hasil percobaan gaya (dorongan dan tarikan)

-Mengubah = Bagaimana cara mengubah bentuk suatu

benda.

· KD 3: Mendeskripsikan = Deskripsikanlah energi panas dan bunyi yang terdapat dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya.

· KD 4: Menjelaskan = jelaskanlah berbagai energi alternative dan cara penggunaannya

· KD 5: -Membuat = Buatlah suatu karya untuk perubahan energi gerak akibat perubahan pengaruh udara.

-Menunjukan = Bagaiman cara menunjukan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara.

· KD 6: Menjelaska = Jelaskanlah perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik

· KD 7: Mendeskripsikan = Deskripsikanlah perubahan kenampakan bumi.

· KD 8: Mendeskripsikan = Deskripsikanlaj posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari.

· KD 9: Mendeskripsikan = Deskripsikanlah berbagai penyebab perubahab lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari dan gelombang air laut)

· KD 10: Menjelaskan = Jelaskanlah pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi dan longsor)

· KD 11: Mendeskripsikan = Deskripsikanlah cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir dan longsor)

· KD 12: Menjelaskan = Jelaskanlah hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan

· KD 13: Menjelaskan = Jelaskanlah hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan.

· KD 14: Menjelaskan = Jelaskanlah dampak pengambilan baha alam terhadap pelestarian lingkungan.

5. Analisis Bahan dan Isi

KD yang dipilih yaitu KD ke 4 : “ Menjelaskan berbagai energi alternative dan cara penggunaanya “

· Materi pokok “ Energi dan perubahannya “

Isi materi

Sesungguhnya kita membutuhkan sumber enrgi yang lain selain sumber energi minyak tanah, batu bara dan bensin, ada juga energi alternative untuk memenuhi kebutuhan kita, dari mana saja kita dapat memperoleh alternative tersebut. Alam menyediakan berbagai energi alternative yang tidak akan habis, energi alternative antara lain

a) Matahari

Matahari merupakan sumber energi terbesar bagi Bumi, energi yang diberikan matahari berupa energi panas dan energi cahaya yang dapatkita langsung gunakan atau dapat pula diubah dulu menjadi energi listrik dan kita gunakan untuk berbagai peralatan rumah tangga sehari-hari. Panas matahari juga bias dikumpulkan dalam suatu alat yang disebut Panel Surya, Panel Surya biasanya diletakkan diatas atap rumah karena dapat menagkap panas dengan lebih baik.

b) Angin

Angin yang sangat besar dapat membawa bencana, akan tetapi jika angina dimanfaatkan tentu juga dapat menolong manusia memenuhi kebutuhan hidup seperti angin sudah dimanfaatkan orang sejak zaman dahulu, contohnya kapal layer dapat berkeliling dunia dengan hanya menggunakan energi anagin dan angin juga dapat dimanfaatkan untk menghasilkan listrik yang disebut juga Aerogenerator. Pada umumnya Aerogenerator berbentuk menara di puncaknya dipasang kincir atau baling-baling dan berputar saat diterpa angain dan perputaran baling-baling inilah yang menyebabkan generator menghasilkan listrik.

c) Air

Air selalu mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah, aliran air dapat digunakan sebagai sebagai sumber energi aliran yang deras merupakan sumber energi gerak, dan energi gerak ini yang dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik yang makin besar.

d) Panas Bumi

Pusat Bumi berbentuk dari lapisan batuan yang sangat panas, hal ini yang menunjukan bahwa Bumi merupakan sumber energi panas yang sangat besar. Sumber energi yang panas ini cukup dekat dengan permukaan Bumi sehingga orang memanfaatkan tenaga panas ini. Tenaga panas Bumi ini digunakan untuk menghasilkan listrik yang terjadi di stasiun pembangkit listrik tenaga uap dapat kamu pelajari.

Sumber : Haryanto (2007). Sains untuk kelas IV. Jakarta: erlangga,

halaman 135-142

6. Proses Kegiatan Pembelajaran

· Kegiatan Awal (15 Menit)

1. Apersepsi, mengisi daftar kelas, berdoa mempersiapkan materi yangdiajarkan, model dan alat peraga

2. memotvasi siswa mengeluarkan pendapat

3. mengajukanbeberapa pertanyaan materi minggu yang lalu

· Kegiatan inti (40 Mentit)

1. Guru menjelaskan materi pelajaran “Energi dan Perubahanya”

2. Guru meberi penjelasan atau pengertian tentang energi dan perubahannya

3. Guru memberikan beberapa contoh macam-macam energi dan perubahannya

4. Guru mengadakan tanya jawab kepada siswa mengenai energi dan perubahanya

5. Guru memberikan pejelasan tentang kegunaan energi dan perubahanya

6. Siswa dapat memberi contoh macam-macam energi dan kegunaannya

7. Siswa dapat menjelaskan dan memahami energi dan kegunaanya

· Metode Yang Digunakan

1. Metode Ceramah

2. Metode Demonstrasi

3. Metode Tanya Jawab

4. Metode Evaluasi

èEVALUASI

1. Penilaian Formatif adalah penilaian proses, artinya penilaian setiap habias satu kompetensi dasar

2. Penilaian Sumatif adalah penilaian semua kompetensi dasar

Kelas Tinggi :

· Jumlah Soal = 50

· Bentuk Soal = A. Benar Salah = 10

B. Pilihan Ganda = 15

C. Menjodohkan = 10

D. Isian = 10

E. Essay = 5

· Waktu = 60 Menit

èTingkat Kognitif

· C1, C2 = 50%

· C3 = 25%

· C4, C5, C6 = 25%

èC1, C2 = 50/100 * 50 Soal = 25 Soal

= 25 Soal/2 = 12 dan 13 Soal

C3 = 25/100 * 50 Soal = 12,5 à 13

C4, C5, C6 = 25/100 * 50 Soal = 12,5 à 12 : 3 = 4

èJadi !

C1 = 13 C4 = 4

C2 = 12 C5 = 4

C3 = 13 C6 = 4

èTingkat Kesukaran Pembagian Soal

· Mudah 25/100 * 50 Soal = 12,5 à 13

· Sedang 50/100 * 50 Soal = 25

· Sukar 25/100 * 50 Soal = 12,5 à 13

eight:'<r@~;

BAB V

PENUTUP

A. Kesimpulan

Pada fase perkembangan tingkat operasional konkret merupakan masa perkembangan duni kecerdasan yang lebih luas. Pada masa ini anak mimiliki sifat – sifat khas tertentu sehingga kita dapat membedakan dari setiap fase-fase tersebut. Pada fase ini anak sangat aktif mempelajari apa saja yang ada di lingkungannya mereka melakukan pengenalan dan penyelidikan lebih luas, Karen dorongan untuk mengetahui dan berbuat terhadap likungannya sangat besar. Dengan kata lain fase perkembangan tingkat operasional konkret merupakan masa pencarian pengetahuan sebanyak mungkin dan merupakan masa realistis.

B. Saran

Para pendidik hendaknya mengetahui fase-fase perkembangan anak sehingga mampu memberikan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Bagi pendidik yaitu guru SD sangat penting untuk memahai fase-fase perkembangan anak, terutama fase perkembangan tingkat operasional konkret (7-11 tahun ), karena pada fase ini anak memasuki usia SD. Hal ini dilakukan agar guru dapat memberikan pembinaan dengan baik dan tepat sehingga dapat mengembangkan potensi kecerdasan dan kemampuan yang dimuliki anak sesuai dengan yang di harapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar